Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masker KN95

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masker KN95

Pernahkah kamu mendengar tentang masker KN95? Nama masker ini memang mirip dengan masker N95 yang sering digunakan oleh tenaga medis terutama saat masa pandemi COVID-19. Lantas, apakah ada perbedaan antara masker N95 dengan KN95? Secara umum, kedua masker ini dibuat dari bahan yang sama yaitu polypropylene. Polimer plastik ini kemudian dikombinasikan dengan beberapa macam bahan sintensis untuk membuat sebuah masker yang nyaman digunakan karena sesuai dengan bentuk mulut dan hidung serta mampu melindungi tubuh dari berbagai macam partikel yang berukuran mikron. Selain itu, tingkat efektivitas kedua masker ini juga sangat tinggi yaitu sekitar 95%. Lantas, apakah perbedaanya?Masker dengan seri KN95 merupakan sebuah masker medis yang dibuat berdasarkan standar produk Cina. Sedangkan masker dengan seri N95 dibuat dengan standar produk Amerika Serikat. Kedua produk tersebut telah diakui oleh WHO dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari tertularnya virus COVID-19 serta partikel yang ada di udara. Sehingga, beberapa rumah sakit yang kekurangan masker N95 mulai menggunakan KN95 sebagai penggantinya.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masker KN95

Secara umum, masker dengan seri KN95 ini dengan teknologi Filtering Facepiece Respirator (FFR). Teknologi ini memungkinkan KN95 bisa menahan adanya droplet dan aerosol yang akan masuk ke sistem pernapasan tubuh. Sehingga, penggunanya relatif aman dari kemungkinan tertular oleh virus dan bakteri. Masker dengan seri KN95 ini juga merupakan sebuah disposable masker. Sehingga, KN95 hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker ini juga memiliki bentuk yang cocok dengan mulut dan hidung. Sehingga, pengguna akan lebih nyaman ketika menggunakan masker ini.

Untuk mendapatkan perlindungan sempurna dari virus dan partikel kecil lainnya, masyarakat harus menggunakan masker dengan seri KN95 ini dengan benar. Bagaimana caranya? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tangan dalam keadaan bersih dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir serta sabun atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 65%. Setelah itu, KN95 dipasang pada bagian mulut dan hidung hingga tertutup sempurna. Hasil terbaik bisa diperoleh jika tidak ada rongga atau jarak antara wajah dan masker. Setelah itu, pasang tali masker di kedua telinga dengan benar. Tali masker tidak boleh terlalu rapat maupun terlalu longgar. Hal yang perlu diingat oleh masyarakat adalah masker yang digunakan baik tipe KN95 maupun masker lain tidak boleh disentuh saat digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya bakteri yang bisa masuk ketika masker kontak dengan tangan. Apabila masker basar, maka pengguna harus mengganti masker tersebut secepatnya. Sehingga, kemungkian terkontaminasi oleh kuman atau virus akan berkurang.

Saat ini, masker dengan seri KN95 dapat dibeli dengan mudah. Masker ini dijual dengan bebas di beberapa apotek dan supermarket. Selain itu, beberapa toko online juga menjual masker tersebut. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Hal ini bergantung dengan kualitas masker yang ditawarkan. Beberapa toko menjual masker seri KN85 secara ecer mulai dari Rp. 5.000,00 hingga Rp. 20.000,00. Beberapa toko juga menjual masker ini dengan hitungan 10 buah ataupun 1 boks masker. Biasanya, masker seri KN95 yang dijual dalam satuan boks memiliki harga yang lebih murah dibandingkan masker dengan harga eceran. Akan tetapi, sebelum membeli masker dengan seri KN95, masyarakat harus memastikan keaslian produk yang ditawarkan. Masyarakat sebaiknya membeli dari apotek atau toko kesehatan yang memiliki hal jual dari produsen. Sehingga, kualitas produk bisa terjaga.

Posted in DefaultHal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masker KN95